Lama Waktu Terjadinya Menstruasi

Lama waktu terjadinya Menstruasi berbeda-beda, biasanya ada yang 4 sampai 5 hari, tetapi ada yang 3 hari bahkan satu minggu. Menstruasi ini merupakan siklus yang berulang-ulang pada organ reproduksi perempuan. Perubahan terjadi karena sel telur menjadi matang, dan karena tidak dibuahi, dilepaskan oleh induk telur, ini terjadi  secara periodik.

      Menstruasi akan berulang atau disebut siklus haid berkisar antara 28 sampai 29 hari. Ada beberapa perempuan yang masa siklusnya berlangsung dari 20 sampai 35 hari masih dianggap normal.
      Menstruasi biasanya akan teratur setelah satu tahun sejak Menstruasi pertama. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi emosional atau perubahan kebiasaan. Perubahan kebiasaan siklus ini ditentukan oleh beberapa faktor, misalnya gizi, stress dan usia. Pada masa remaja biasanya mempunyai siklus yang belum teratur, biasa maju atau mundur beberapa hari karena hormon-hormon seksualnya belum stabil. Semakin dewasa biasanya siklus Menstruasi menjadi lebih teratur, walaupun tetap saja biasa maju atau mundur.Faktor stres atau kelelahan.
      Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika terjadi Menstruasi seperti;
1.      Menjaga kebersihan diri dengan mandi dan membersihkan bagian organ reproduksi dengan sabun mandi.
2.      Makanlah makanan yang bergizi,atau yang banyak mengandung zat besi dan vitamin,seperti hati ayam/sapi,daging, telur,sayur dan buah.
3.      Berhati-hatilah mengkonsumsi obat bila perlu terutama daerah sekitar rahim terasa nyeri.Bila masih dapat diatasi maka tidak dianjurkan untuk membiasakan menggunakan obat-obatan,kecuali bila sangat mengganggu maka berkonsultasilah pada tenaga kesehatan.
4.      Gantilah pembalut bila kotor atau setelah buang air kecil karena untuk kebersihan.
5.      Lakukan kegiatan seperti biasa kecuali ada kegiatan yang berlebihan maka dibatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar